Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, memberikan gambaran informasi terkait kemampuan menulis kalimat tanya dengan menggunakan W-Frage berbasis teks bacaan bergambar mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM. Teks cerita bergambar adalah kombinasi dari gambar serta cerita yang banyak menarik minat mahasiswa karena ilustrasi gambar yang menarik. Cerita bergambar ini dinilai tidak membosankan karena tidak hanya berisi tulisan saja seperti buku pada umumnya. Gambar merupakan visualisasi dari kalimat dan digunakan untuk memperjelas dan membuat alur cerita semakin jelas. Teks bacaan bergambar ini menjadi alrernatif pembelajaran yang interaktif bagi mahasiswa, terasa menyenangkan dan dapat memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa Jerman. Berkaitan dengan hal tersebut diadakan penelitian kemampuan menulis kalimat tanya bahasa Jerman. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II program studi pendidikan bahasa Jerman. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa data bagaimana kemampuan menulis kalimat tanya dengan menggunakan W-Frage bahasa Jerman berbasis teks bacaan bergambar mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Jerman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa tingkat kemampuan menulis kalimat tanya dengan menggunakan W-Frage berbasis teks bacaan bergambar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM termasuk dalam kategori cukup. Kata Kunci: Menulis, Kalimat Tanya, W-Frage, Teks Bacaan
Copyrights © 2023