Buletin KKN Pendidikan
Vol. 4, No. 2, Desember 2022

Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar

Afghani, Dzulfiqar Restu (Unknown)
Prayitno, Harun Joko (Unknown)
Jayanti, Estria Dwi (Unknown)
Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu (Unknown)
Salsabilla, Tara Aldita (Unknown)
Saputri, Erlin Dian (Unknown)
Septiyanti, Nisa Dwi (Unknown)
Siswanto, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Membaca merupakan suatu tahapan awal dalam suatu proses belajar terutama bagi siswa sekolah dasar. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan kebiasaan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang. Literasi membaca bukan hanya sekedar kegiatan membaca biasa, melainkan dapat menjadi sebuah kegiatan yang menghasilkan budaya. Budaya membaca dapat memberikan banyak manfaat yang baik, salah satunya menumbuhkan minat membaca dan menulis. Untuk membangun sebuah budaya literasi membaca, dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah dengan menyediakan lingkungan yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan budaya literasi membaca siswa sekolah dasar dengan peningkatan fasilitas perpustakaan. Melalui kegiatan peningkatan fasilitas perpustakaan ini, mahasiswa KKN-Dik UMS berusaha untuk membangun budaya literasi membaca siswa-siswi di SD Negeri 02 Selokaton. Hasil yang telah dicapai adalah dengan melakukan pengoptimalan fasilitas perpustakaan, para siswa-siswi SD Negeri 02 Selokaton menjadi lebih antusias dan merasa nyaman dalam beraktivitas untuk meningkatkan minat baca di perpustakaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...