SPEED: Journal of Special Education
Vol. 7 No. 2 (2024): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Pendampingan Pengembangan Program Kebutuhan Khusus Orientasi Mobilitas Sosial Komunikasi (OMSK) bagi Guru SLBN Boyolali sebagai Penyiapan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Tunanetra Mengakses Lingkungan

Sugini, Sugini (Unknown)
Sunardi, Sunardi (Unknown)
Martika, Tias (Unknown)
Prakosha, Donni (Unknown)
Anwar, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan pengajaran OMSK dasar kepada guru PDBK di SLB N Boyolali berupa pembuatan video tutorial menjadi pendamping awas bagi PDBK dengan hambatan penglihatan sebagai bentuk latihan keterampilan OMSK. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode. Diskusi, demonstrasi, penugasan dan pendampingan. Metode diskusi untuk menggali kemampuan awal guru PDBK hambatan penglihatan, sementara demonstrasi, pendampingan dan penugasan digunakan untuk melatih keterampilan dasar OMSK. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) pengalaman praktek langsung melakukan teknik OMSK secara urut dan benar, 2) meningkatnya kesadaran guru akan pentingnya melatih diri menguasai OMSK 3) Media Vidio sebagai dokumentasi tutorial latihan keterampilan OMSK yang dapat digunakan saat dibutuhkan dan sebagai pengganti tutor guru senior kepada guru junior. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan Pengembangan Program Kebutuhan Khusus Orientasi Mobilitas Sosial Komunikasi (OMSK) bagi Guru SLBN Boyolali sebagai Penyiapan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Tunanetra Mengakses Lingkungan menghasilkan artefak berupa video praktek keterampilan OMSK sebagai sumber belajar dapat digunakan sebagai bahan latihan guru secara berlanjut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...