Observasi yang telah dilakukan di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis menunjukkan kecenderungan peserta didik menulis puisi dengan tema yang tidak variatif, sehingga mereka mengalami kesulitan untuk mengembangkan tulisannya. Permasalahan lainnya, peserta didik kurang percaya diri terhadap karyanya sendiri. Seiring berkembangnya teknologi, maka peneliti menawarkan solusi atas permasalahan tersebut dengan memanfaatkan pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik berbasis STEAM. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran, keterampilan menulis peserta didik, kendala, serta solusi dalam penerapan Quantum Learning menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil aktivitas guru pada siklus I sebesar 84 dan sebesar 100 pada sikus II. Rata-rata hasil aktivitas peserta didik sebesar 74 dan siklus II sebesar 89. Skor rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan dengan persentase keberhasilan siklus I sebesar 42% dan siklus II sebesar 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dalam menulis puisi berbasis STEAM meningkatkan kemampuan peserta didik dengan memberikan nuansa belajar yang menyenangkan, aktif, antusias, dan semangat dalam menulis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024