Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD yang praktis, efektif dan valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar. Pengembangan ini menggunakan desain yang dikembangkan oleh Borg dan Gallyang terdiri atas 10 lengkah. Sebelum dilakukan uji lapangan terlebih dahulu dilakukan uji ahli untuk melihat validitas isi dan konstruk.Uji lapangan dilakukan di sekolah SD Negeri 1 Perumnas Way Halim. dengan jumlah sampel 58 yang terdiri atas kelas experiment sebanyak 28 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Sempel diambil secara cluster rendem sempling .Desain pengembangan ini menggunakan the static pretes-postes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis SETS dinyatakan: 1) valid yang ditunjukkan dengan valid isi dengan skor 77,valid Bahasa 83,33 dan konstruk yang terdiri atas kevalidan gambar/media dengan skor 92 . 2) praktis yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan produk 89.33%, dan respon siswa positif (83.29% siswa menyatakan puas); 3) Efektif yang ditunjukkan dengan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen (0,56) dan kelas kontrol (0,27). Disampulkan bahwa LKPDÂ berbasis SETS cukup valid, praktis, dan efektif digunakan pada siswa kelas IV untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik
Copyrights © 2022