Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 14, No 1 (2024): Vol 14 Nomor 1 (2024)

Pencegah Tindak Kekerasan melalui Internalisasi Nilai Sains bagi Peserta Didik di MI/SD

Umi Rahmawati, Dwi Nur (Unknown)
Emilia, Fitri Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran internalisasi nilai-nilai sains sebagai salah satu bentuk pencegah tindak kekerasan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kepustakaan (library research). Pelaksanaan penelitian menggunakan berbagai buku dan literatur untuk mendapatkan sumber penelitian tanpa melakukan penelitian langsung di lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi kajian mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam sains serta implementasi dan internalisasinya dalam pembelajaran untuk mencegah tindak kekerasan bagi peserta didik di MI/SD. Penanaman nilai-nilai sains dalam proses pembelajaran diharapkan dapat berkontribusi dalam pencegahan tindak kekerasan di lingkungan sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat diimplikasikan secara teoritis dan praktis bagi para pendidik, peserta didik, maupun peneliti selanjutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...