Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 14, No 1 (2024): Vol 14 Nomor 1 (2024)

Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V MIS Al-Ikhwan Bukittinggi

HB, Zulfahmi (Unknown)
Nurhafizah, Suci (Unknown)
Basit, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode PQRST pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik di kelas V MIS Al-Ikhwan Bukittinggi. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas V MIS Al-Ikhwan Bukittinggi tahun ajaran 2023/2024 dan jumlah peserta didik 44 orang. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat keberhasilan belajar peserta didik setelah pembelajaran menggunakan metode PQRST. Teknik analisis data yang digunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS diperoleh Sig (2-tailed) sebesar 0,074, thitung = 1,83 dan ttabel=1,68. Dengan dasar pengambilan keputusan thitung ttabel, yaitu 1,83 1,68 maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa  nilai keterampilan membaca pemahaman yang diajar dengan metode preview, question, read, summarize, test (PQRST) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai keterampilan membaca pemahaman peserta didik dengan metode ceramah. Dari hasil ini diharapkan pendidik dapat menggunakan metode preview, question, read, summarize, test sebagai alternatif metode pembelajaran membaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...