Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Motivasi Literasi Siswa Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah

Lailiyah, Nishfatul (Unknown)
Arif, Uswatun Khasanah (Unknown)
Amaliyah, Nadia Rizki (Unknown)
Indriani, Nina (Unknown)
Asy’ari, Mohammad Nur Ikhsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Kegiatan literasi di Indonesia masih tergolong rendah karena sedikitnya siswa yang tertarik untuk membaca suatu hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media flipbook yang digunakan dalam kegiatan literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode kuantitatif berdasarkan uji coba, angket, dan studi literatur digunakan untuk mengetahui hasil penelitian. Data yang didapat menunjukkan bahwasanya penggunaan media flipbook efektif dan layak digunakan dalam kegiatan literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3 MIN 1 Kota Surabaya dalam meningkatkan motivasi literasi siswa. Berdasarkan hasil angket, pemilih "Sangat Setuju" sebanyak 106 atau 78.54% dari total responden. 26 subjek atau 19,24% "Setuju", 1 responden memilih jawaban "Cukup" dengan rata-rata nilai persentase 0,74%, 2 responden memilih jawaban "Tidak Setuju" atau 1,48% dan "Sangat Tidak Setuju" sebanyak 0 responden dengan nilai persentase 0%. Dengan penerapan flipbook sebagai media literasi, pemahaman materi dirasa lebih mudah sehingga siswa memiliki ketertarikan pada kegiatan membaca. Berdasarkan hasil perolehan data dapat disimpulkan bahwa flipbook sebagai media literasi siswa layak dan dapat dipergunakan sebagai media literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...