Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Pengaruh Fun Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Fauziyah, Syifa (Unknown)
Ali, Enjang Yusup (Unknown)
Ismail, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Agar siswa memahami materi yang diberikan oleh guru, pemilihan model pembelajaran yang efektif dan media yang tepat sangatlah penting sepanjang proses belajar. Tujuan studi ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pembelajaran fun learning yang dibantu dengan media flash card mempengaruhi pemahaman konsep siswa tentang sistem pencernaan. Metodologi kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang dirancang sebagai eksperimen quasi-eksperimental dengan rancangan non-equivalent control group design dengan pola pretest-posttest. Menurut hasil penelitian, kelas eksperimen memiliki skor rerata pretest sebesar 53,60 dan posttest sebesar 81,00, sedangkan kelas kontrol memiliki skor rerata pretest sebesar 51,83 dan posttest sebesar 66,75. Kedua kelas menunjukkan peningkatan pemahaman konsep. Untuk melihat perbedaan efektivitasnya dilakukan uji N-gain dan hasilnya menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki skor N-gain sebesar 0,6426, sementara kelas kontrol memiliki skor N-gain sebesar 0,2927. Dapat disimpulkan, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran fun learnung yang dibantu oleh media flash card terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi sistem pencernaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...