Media pembelajaran adalah sebuah alat yang dimanfaatkan dalam pembelajaran sebagai sarana untuk menyalurkan materi antara guru dan siswa sebagai cara dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan kendala dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif serta modifikasi media pada pembelajaran penjas adaptif di SLB Negeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah berinisial “Km”, guru pendidikan jasmani berinisial “Ad”, dan 1 siswa ABK kelas 6 berinisial “Sr” di SLB Negeri. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB Negeri masih menggunakan Kurikulum 13 dan terdapat beberapa kendala yang dialami saat pembelajaran antara lain ada peserta didik yang tantrum, lambat dalam menerima materi (slow learner), kurangnya GPK (Guru Pendamping Khusus), dan (2) modifikasi media pembelajaran sudah dilakukan dengan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan memenuhi standar keselamatan (safety). Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya modifikasi media pembelajaran penjas adaptif sangat diperlukan untuk memudahkan ABK untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga sesuai dengan keterbatasan yang dimilikinya.
Copyrights © 2024