Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 5 (2024)

Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani sesuai Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB

Qonita, Farra Risti (Unknown)
Ayu, Dinda Puspita (Unknown)
Khotimah, Nur Ahlul (Unknown)
Minsih, Minsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat yang dimanfaatkan dalam pembelajaran sebagai sarana untuk menyalurkan materi antara guru dan siswa sebagai cara dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan kendala dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif serta modifikasi media pada pembelajaran penjas adaptif di SLB Negeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah berinisial “Km”, guru pendidikan jasmani berinisial “Ad”, dan 1 siswa ABK kelas 6 berinisial “Sr” di SLB Negeri. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB Negeri masih menggunakan Kurikulum 13 dan terdapat beberapa kendala yang dialami saat pembelajaran antara lain ada peserta didik yang tantrum, lambat dalam menerima materi (slow learner), kurangnya GPK (Guru Pendamping Khusus), dan (2) modifikasi media pembelajaran sudah dilakukan dengan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan memenuhi standar keselamatan (safety). Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya modifikasi media pembelajaran penjas adaptif sangat diperlukan untuk memudahkan ABK untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga sesuai dengan keterbatasan yang dimilikinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...