Al Naqdu: Jurnal Kajian Keislaman
Vol 5 No 1 (2024): JUNI 2024

STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ AMMA SISWA KELAS X D DI SMA NU CILEDUG

Ima Rahima (Unknown)
Dinda Auliya Syapira (Unknown)
Ahmad Makinun Amin (Unknown)
Siti Nur Amanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan hafalan juz amma siswa kelas X D di SMA NU CILEDUG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru PAI memiliki peran yang penting meningkatkan hafalan juz amma siswa serta memiliki strategi agar siswa bisa meningkatkan hafalannya di antaranya adalah 1) Memberikan motivasi kepada siswa agar semangat menghafal juz amma; 2) Siswa melakukan setoran di kelas setiap pekan agar surat yang dihafal siswa semakin bertambah; 3) Melakukan muraja’ah bersama-sama agar siswa tidak lupa surat yang telah dihafalkannya; 4) Melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas hafalan baik dari segi kelancaran, pelafalan, maupun tajwid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alnaqdu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Al Naqdu: Jurnal Kajian Keislaman menyambut baik kontribusi berupa artikel dari para ilmuwan, cendekiawan, profesional, dan peneliti disiplin ilmu meliputi manajemen pendidikan Islam, pendidikan agama islam, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, pendidikan bahasa arab, hukum keluarga islam, ekonomi ...