Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 4 Nomor 2 Tahun 2024

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan Teknik Self Management bagi Siswa di Sekolah Menengah Atas

Assahra, Fathimah (Unknown)
Buchori, Sahril (Unknown)
Harum, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan teknik self management dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di Sekolah Menengah Atas. Adapun Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 responden yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 10 responden untuk kelompok eksperimen dan 10 responden untuk kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Berdasarkan hasil sebelum dan setelah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 menunjukkan H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik self management dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...