Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, guru memiliki peran yang cukup penting untuk membuat ilmu-ilmu yang diajarkan dapat diterima oleh siswa-siswa yang ada. Tak hanya berperan mengajarkan ilmu saja, banyak sekali peran guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru terhadap kurikulum merdeka dan strategi dalam pembelajaran kurikulum merdeka. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa peran guru sebagai korektor dalam menilai dan mengoreksi sikap, tingkah laku serta perbuatan siswa dilakukan secara langsung. Peran guru sebagai informator mengutamakan praktek dan kerjasama serta memberikan informasi mengenai pembelajaran disampaikan secara langsung. Peran guru sebagai organisator berkaitan dengan perencanaan dan pengelolaan pembelajaran yang disebut dengan modul. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu kooperatif dengan metode ceramah, diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab. Peran guru sebagai motivator yaitu dapat menumbuhkan semangat siswa untuk belajar. Peran guru sebagai fasilitator yaitu menyediakan fasilitas pembelajaran dan menjadi penengah ketika siswa mengalami masalah dalam pembelajaran. Peran guru sebagai evaluator untuk penilaian hasil pembelajaran menggunakan angka dan menggunakan nilai baik, sangat baik dan tidak baik. Jika nilai kurang dari rata-rata maka dilakukan remedial atau penugasan kembali.
Copyrights © 2023