Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja program transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan di Kota Balikpapan melalui persepsi Masyarakat khususnya orang tua. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, serta analisis data. Hasil survei menunjukkan bahwa persepsi orang tua siswa PAUD dan orang tua siswa kelas rendah SD di Balikpapan terhadap kinerja program transisi PAUD ke SD adalah baik. Hasil tersebut didukung oleh sembilan indikator kinerja, di mana tiga indikator memiliki mutu A, tiga indikator mutu B, dua indikator mutu C, dan dua indikator mutu D. Rekomendasi perbaikan berkelanjutan termasuk mempertahankan dan mengoptimalkan indikator dengan mutu A dan B, serta memprioritaskan perbaikan pada indikator dengan mutu C dan D. Analisis kinerja program transisi PAUD ke SD juga dilakukan untuk wilayah Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, Balikpapan Timur, Balikpapan Utara, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Selatan. Hasilnya menunjukkan variasi dalam capaian kinerja di antara wilayah-wilayah tersebut, dengan rekomendasi khusus untuk setiap wilayah guna meningkatkan capaian kinerja indikator yang masih di bawah rata-rata Kota Balikpapan.
Copyrights © 2024