Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT]
Vol 5, No 2 (2024): JURNAL JMP-DMT

Membangun Kecerdasan Ekologis: Best Practice Implementasi Pendidikan Adiwiyata di Sekolah Dasar

Hasanah, Enung (Unknown)
Fauzia, Fauzia (Unknown)
Zultiyanti, Zultiyanti (Unknown)
Burhanudin, Burhanudin (Unknown)
Al Ghazi, M. Ikhsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik terbaik dalam implementasi pendidikan Adiwiyata di Sekolah Dasar dengan fokus pada pembangunan kecerdasan ekologis. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana pendidikan Adiwiyata diterapkan dalam konteks sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan staf sekolah, serta analisis dokumen terkait kebijakan dan program pendidikan Adiwiyata di Sekolah Dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan Adiwiyata dapat menjadi salah satu cara yang dapat diandalkan dalam mengembangkan kecerdasan ekologis siswa dengan cara melibatkan mereka dalam kegiatan praktis, seperti pengelolaan sampah dan konservasi lingkungan. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang keberlanjutan lingkungan, tetapi juga membangun sikap dan perilaku pro-lingkungan yang berkelanjutan. Kesimpulannya, pendidikan Adiwiyata di sekolah dasar adalah model yang efektif untuk membangun kecerdasan ekologis siswa, dan praktik terbaik dalam implementasinya dapat memberikan panduan berharga bagi sekolah dan pendidik dalam upaya menjadikan pendidikan lebih berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP-DMT

Publisher

Subject

Education Other

Description

he University of Muhammadiyah Sumatera Utara publishes Jurnal Menajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMD-DMT) on January, April, July and October (4 Issue/Year). The Journal using Double-Blind Review Process. Journal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) is also accept ...