Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT]
Vol 5, No 3 (2024): JURNAL JMP-DMT

Manajemen Mutu Pendidikan Islam Unggul dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Metode Ummi SD Qur’an Utrujah Pamekasan

Badriyah, Khoirina (Unknown)
Rudiyanto, Rudiyanto (Unknown)
Timamah, Iik (Unknown)
Nurhadi, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggali tentang manajemen kualitas pendidikan Islam unggul dalam program tahfidz al-Qur'an menggunakan metode Ummi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan fokus pada SD Qur'an Utrujah Pamekasan. Hasil penelitian ini mengungkapkan program tahfidz al-Qur'an dengan penerapan metode Ummi. Metode Ummi merupakan cara belajar Al-Qur'an yang menekankan kemudahan dan kenyamanan dalam menghafal, dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur. Program ini dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pendidikan agama yang mendalam serta menyenangkan bagi peserta didik. Strategi manajemen untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dapat digunakan oleh guru adalah strategi POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengendalian). Dalam penerapannya, guru mengikuti sepuluh pilar Ummi Foundation. Setiap pilar memiliki peran penting dalam memastikan kualitas dan efektivitas program tahfidz, termasuk manajemen yang baik, sertifikasi guru, proses pembelajaran yang tepat, target yang jelas, pembelajaran yang konsisten, alokasi waktu yang memadai, rasio guru dan siswa yang seimbang, pengendalian internal dan eksternal, laporan perkembangan siswa, serta koordinator yang handal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP-DMT

Publisher

Subject

Education Other

Description

he University of Muhammadiyah Sumatera Utara publishes Jurnal Menajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMD-DMT) on January, April, July and October (4 Issue/Year). The Journal using Double-Blind Review Process. Journal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) is also accept ...