Bosowa Journal of Education
Vol 4 No 1 (2023): Bosowa Journal of Education, Desember 2023

Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pembelajaran Materi Menemukan Gagasan Pokok Pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang

Hatira, Hatira (Unknown)
Muhammadiah, Mas'ud (Unknown)
Hamsiah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas IV belum mencapai target sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan memanfaatkan cerita pendek sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar materi menemukan gagasan pokok bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media cerita pendek pada materi gagasan pokok di Kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi gagasan pokok dengan penerapan media cerita pendek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 19 siswa dan 1 guru. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan media cerita pendek pada materi gagasan pokok dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang. The problem in this study is the learning outcomes of class IV students have not reached the target in accordance with the minimum completeness criteria (KKM). The problem in this research is whether using short stories as a learning media can improve the learning outcomes of the material in finding the main ideas of Indonesian for class IV students UPT SD Negeri 102 Pinrang. This research is Classroom Action Research (PTK) which aims to determine the process of applying short story media to main idea material in Class IV and to determine the increase in learning outcomes in main idea material by applying short story media. The approach used in this study is a qualitative approach. The data collection techniques used are observation, tests and documentation. The research subjects were class teachers and students, totaling 19 students and 1 teacher. The research was carried out in two cycles. In cycle I, the research results on the learning process were in good qualifications (B) and the learning test results were in poor qualifications (K). Meanwhile, in cycle II the results of research on the learning process were in good qualifications (B) and the results of learning tests were in good qualifications (B). The conclusion of this research is that the application of short story media to the main idea material can improve the learning process and outcomes of class IV students UPT SD Negeri 102 Pinrang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...