Bosowa Journal of Education
Vol 4 No 1 (2023): Bosowa Journal of Education, Desember 2023

Pengembangan Bahan Ajar PKN Berbasis Kearifan Lokal Subtema Indahnya Budaya Negeriku Pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang

Adriyanto, Adriyanto (Unknown)
Muhammadiah, Mas'ud (Unknown)
Bahri, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal dengan sub tema Indahnya Budaya Indonesia yang teruji valid untuk siswa kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang, menghasilkan bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal dengan sub tema Indahnya Budaya Indonesia yang praktis bagi siswa kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang danĀ  menghasilkan bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal dengan sub tema Indahnya Budaya Indonesia yang efektif bagi siswa kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini Research and Development (R & D). Desain penelitian menggunaan prosedur yang diadaptasi menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar sebanyak 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal. Hasil Penelitian pengembangan ini adalah Setelah melalui uji validasi bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan valid, baik dari segi materi (isi dan penyajian) maupun dari segi media (ketatagrafikan dan kebahasaan). (2) berdasarkan hasil angket dari responden (guru) bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan praktis. Hal tersebut diperoleh yakni rata-rata indikator pada kategori baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar praktis digunakan dalam pembelajaran, (3) bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut diperoleh dari Efektivitas bahan ajar ini diukur dari hasil belajar siswa yang meningkat dengan rerata nilai yang diperoleh dari hasil tes belajar siswa meningkat sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar. Dengan demikian, bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan efektif dan layak untuk digunakan. The purpose of this research is to: (1) produce validated civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of Indonesian Culture" for fourth-grade students at UPT Elementary School 97, Pinrang Regency, (2) create practical civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of Indonesian Culture" for fourth-grade students at UPT State Elementary School 97, Pinrang District, (3) develop effective civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of Indonesian Culture" for fourth-grade students at UPT State Elementary School 97, Pinrang District. This research adopts a Research and Development (R&D) approach with a design based on the Borg & Gall development model. The subjects of this research were 16 fourth-grade elementary school students. Data collection methods used were observation and questionnaires. This research resulted in the production of civic education teaching materials based on local wisdom. The development of these teaching materials yielded the following outcomes: (1) The civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of My Country's Culture" were validated, both in terms of content (material and presentation) and media (graphics and language), after undergoing validation. (2) According to the responses from the respondents (teachers) in the questionnaire, the civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of My Country's Culture" were deemed practical. The average indicator fell within the 'good' category. This indicates that the teaching materials are practical for use in learning. (3) The civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of My Country's Culture" were declared effective for use in learning. This was determined by the improvement in student learning outcomes, as evidenced by the increase in average test scores before and after using the teaching materials. Thus, the civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of My Country's Culture" are declared effective and suitable for use.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...