Bosowa Journal of Education
Vol 4 No 1 (2023): Bosowa Journal of Education, Desember 2023

Implementasi Metode Debat Bahasa Kei Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SD Naskat Maluku Tenggara

Rumangun, Kristiang (Unknown)
Muhammadiah, Mas'ud (Unknown)
Hamsiah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat dalam bahasa Kei terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan  Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara Semester  Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas V. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini menggunakan teknik simple random sampling.  Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 31 siswa, kemudian siswa dibagi menjadi dua kelas. Pada kelas eksperimen adalah yang berjumlah 15 siswa dan kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, tes belajar, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif hasil belajar bahasa Kei kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara pada kelompok eksperimen dengan menggunakan metode debat lebih baik dari pada kelompok kontrol tanpa menggunakan metode debat. Hasil penelitian secara inferensial, yaitu: 1) Ada pengaruh metode debat dalam bahasa kei terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, 2) ada pengaruh metode debat dalam bahasa Kei terhadap prestasi siswa kelas V SD Naskat Matias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. This study aims to determine the effect of debate method in Kei language on students' motivation and learning achievement. The design used was posttest only control group design. This research was conducted in the fifth grade of SD Naskat Mathias 3 Langgur B, Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency, even semester of the 2022/2023 academic year. The population in this study were all students in class V. The sampling technique in this research used simple random sampling technique.  The sample in this study were all fifth grade students with a total of 31 students, then the students were divided into two classes. The experimental class was 15 students and the control class was 16 students. The research instruments used were observation sheets, questionnaires, learning tests, interviews and documentation. This research uses quantitative research with experimental type. Data analysis techniques using descriptive statistics and inferential statistics. The results of the study descriptively learned Kei language learning results grade V SD Naskat Mathias 3 Langgur B, Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency in the experimental group using the debate method was better than the control group without using the debate method. Inferential research results include: 1) There is an influence of the debate method in Kei language on the learning motivation of fifth grade students of SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency, 2) there is an influence of the debate method in Kei language on the achievement of fifth grade students of SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...