Bosowa Journal of Education
Vol 4 No 2 (2024): Bosowa Journal of Education, Juni 2024

Implementasi Metode Tutor Sebaya Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kota Makassar

Aprianti, Aprianti (Unknown)
Hamsiah, A. (Unknown)
Muhammadiah, Masud (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV UPT SPF SD Negeri Paccinang 1 Kota Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true experimental, khususnya posttest-only control design. Sampel penelitian terdiri dari kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode tutor sebaya dalam pembelajaran PPKn, dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya meningkatkan keaktifan peserta didik, membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, dan membangkitkan motivasi belajar. Data uji hipotesis keaktifan peserta didik menunjukkan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, mengindikasikan pengaruh signifikan dari metode tutor sebaya terhadap keaktifan peserta didik. Selain itu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa metode tutor sebaya juga berdampak signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Peserta didik di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulannya, metode tutor sebaya efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Saran diberikan kepada pihak sekolah untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, bagi guru untuk lebih sering menggunakan metode pembelajaran yang berfokus pada peserta didik, dan bagi peneliti selanjutnya untuk mengaplikasikan metode ini pada kelas yang lebih tinggi untuk hasil yang lebih komprehensif. This research aims to determine the effect of the peer tutor method on the activeness and learning outcomes of fourth grade students of UPT SPF SD Negeri Paccinang 1 Makassar City. The study used a quantitative approach with a true experimental design, specifically a posttest-only control design. The research sample consisted of class IV-A as an experimental class that used the peer tutor method in learning Civics, and class IV-B as a control class that used the lecture method. The results showed that the peer tutor method increased students' activeness, made the learning process more fun, and aroused learning motivation. The hypothesis test data of students' activeness showed sig (2-tailed) results of 0.000 < 0.05, indicating a significant effect of the peer tutor method on students' activeness. In addition, the results of hypothesis testing show that the peer tutor method also has a significant impact on student learning outcomes with sig (2-tailed) results of 0.000 <0.05. Students in the experimental class showed a higher increase in learning outcomes compared to the control class. In conclusion, the peer tutor method is effective in improving students' activeness and learning outcomes. Suggestions are given to the school to provide adequate facilities and infrastructure, for teachers to use learner-focused learning methods more often, and for future researchers to apply this method to higher classes for more comprehensive results.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...