Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi High Five dan strategi 3-2-1 dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di UPT SD Negeri 8 Binamu Kab. Jeneponto. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes dilaksanakan dua tahap yaknin pre test sebelum diberikan perlakuan dan post test setelah diberikan perlakuan strategi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi High Five dan strategi 3-2-1 dapat mempengaruhi keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Terdapat perbedaan peningkatan Keterampilan membaca pemahaman antara kelas yang memperoleh pembelajaran dengan strategi High Five dengan kelas strategi 3-2-1. Peningkatan Keterampilan membaca pemahaman siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi 3-2-1 lebih tinggi dibandingkan dengan Keterampilan membaca pemahaman siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi High Five. This study aimed to examine the effect of the High Five strategy and the 3-2-1 strategy in reading comprehension learning of elementary school students. In this study the approach used was quantitative. The subject of this study was a grade III student at UPT SD Negeri 8 Binamu Kab. Jeneponto. The instrument used is a test. The test is carried out in two stages, namely pre-test before treatment and post-test after treatment given the strategy that has been set. The results showed that the High Five strategy and the 3-2-1 strategy can improve the reading comprehension of elementary school students. There is a difference in reading comprehension skills between classes that get learning with the High Five strategy and the 3-2-1 strategy class. The increase in reading comprehension of students who obtained learning with the 3-2-1 strategy was higher than the reading comprehension ability of students who obtained learning with the High Five strategy.
Copyrights © 2024