Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan pendekatan Discovery Learning pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini menggunakan metode deskriprif kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-2 SMPN 6 Kisaran sebanyak 32 siswa, kemudian dilakukan reduksi dengan mengambil tiga siswa yang mempunyai kemampuan penalaran tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan penalaran matematis siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa ketiga subjek mempunyai pemahaman yang cukup baik dengan menggunakan pendekatan Discovery Learningdalam pembelajaran. Siswa dalam kategori kemampuan penalaran tinggi mampu menguasai lima indikator kemampuan penalaran matematis. Siswa dalam kategori kemampuan penalaran sedang mampu menguasai empat indikator kemampuan penalaran matematis. Siswa dalam kategori kemampuan penalaran rendah mampu menguasai dua indikator kemampuan penalaran matematis.
Copyrights © 2024