Abstract. Parents have parenting in the form of different parenting patterns in applying to their children. The role of parents in paying attention to children when children use gadgets is very important for their growth. Parents must show great attention by limiting children from playing gadgets. Children's emotional is a condition in which children experience physical changes that affect children's moods. Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) how is the description of parenting patterns given by parents in early childhood in the use of gadgets? (2) how is the description of children's emotional development in the use of gadgets? (3) how is the influence of parenting patterns in the use of gadgets on the emotional development of early childhood. Researchers used a correlation test using a quantitative approach. The population and sample in this research were parents of students at Al-Muawanah Cimahi Kindergarten, totaling 40 people. The data techniques used in this study were observation and questionnaires. The data analysis techniques used in this research were normality test and correlation test. The results of this study are parenting patterns in the use of gadgets obtained results that authoritative parenting is most widely by parents with a value of 59.71%. Emotional development in the use of gadgets obtained 87.5% that the child's achievements began to develop. There is a positive relationship between parenting patterns and children's emotional development in the use of gadgets, which is in the moderate category. Abstrak. Orang tua mempunyai hak asuh anak dalam bentuk pola asuh yang berbeda dalam menerapkan nilai kepada anaknya. Peranan orang tua dalam memperhatikan anak ketika anak menggunakan gadget sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan nya. Munculnya gadget membuat orang tua tidak sadar menggunakan pola asuh seperti apa sehingga anak akan merasa bebas ketika bermain gadget. Orang tua harus menunjukkan perhatian dengan cara membatasi anak bermain gadget. Perkembangan emosional anak merupakan kondisi di mana anak mengalami perubahan secara fisik maupun mental yang memengaruhi suasana hati anak. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) bagaimana gambaran pola asuh yang diberikan oleh orang tua pada anak usia dini dalam penggunaan gadget? (2) bagaimana gambaran perkembangan emosional anak dalam penggunaan gadget? (3) bagaimana pengaruh pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak usia dini?. Peneliti menggunakan uji korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah orang tua murid di TK Al-Muawanah Cimahi yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah uji normalitas dan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget diperoleh hasil bahwa pola asuh otoritatif yang paling banyak diterapkan oleh orang tua dengan nilai 59,71%. Perkembangan emosional dalam penggunaan gadget diperoleh hasil 87,5% bahwa capaian anak mulai berkembang. Terdapat hubungan positif dan pengaruh antara pola asuh orang tua dan perkembangan emosional anak dalam penggunaan gadget yang termasuk kategori sedang.
Copyrights © 2024