Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai strategi antisipatif dalam mempersiapkan alumni menghadapi tantangan pasar kerja. Makalah ini mengeksplorasi pendekatan pengembangan model MAK yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan dan menyesuaikan kurikulum dengan tuntutan pasar kerja. Penelitian kualitatif fenomenologi adalah jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada pengalaman manusia. Penelitian ini berusaha untuk memahami makna yang diberikan oleh manusia terhadap pengalaman mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model MAK yang terintegrasi dengan kebutuhan industri mampu memperkuat keterampilan dan pengetahuan siswa sesuai dengan ekspektasi pasar kerja. Kurikulum yang relevan dan responsif terhadap perkembangan industri memberikan kontribusi positif terhadap persiapan karir siswa. Selain itu, model ini juga melibatkan berbagai pihak, termasuk stakeholder industri, guru, dan siswa, dalam proses pengembangan dan evaluasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis tentang bagaimana mengembangkan model MAK yang efektif sebagai antisipasi terhadap kebutuhan pasar kerja. Implikasi hasil penelitian ini dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan kejuruan untuk meningkatkan relevansi kurikulum dan memastikan lulusan MAK siap menghadapi dinamika pasar kerja yang terus berkembang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024