Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi moderasi beragama dan mengekplorasi tantangan dan solusi guru dalam mengimplementasikan moderasi berada di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode case study, adapun instrument pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan reduksi, display dan pengambilan kesimpulan, dengan lokus penelitian di MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru-guru MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah Bandung menyatakan sangatlah penting mengimplementasikan moderasi beragama, Selain itu para guru telah mendapatkan materi tersebut dan menyampaikannya kepada siswa dalam rangka memberikan pemahaman moderasi beragama kepada mereka. Terdapat tantangan dalam mengajarkan moderasi beragama di madrasah diantaranya adalah tidak tersedia jam khusus untuk materi moderasi beragama, semua yang terlibat di MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah beragama Islam, sehingga praktik interaksi antara orang yang berbeda agama sangat sulit dilakukan, rendahnya aplikasi terhadap norma agama, dan masih terdapat pandangan yang tabu terhadap moderasi beragama. Solusi mengimplementasikan moderasi beragama di madrasah diantaranya adalah mengintegarasikan nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran, memberikan ruang diskusi pada siswa tentang moderasi beragama di luar jam formal seperti dalam kegiatan ekstrakulikuler dan rutin seperti upacara, memberikan keteladanan dalam perilaku, dan membuat flyer atau banner tentang nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan madrasah
Copyrights © 2024