Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 02 (2024): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH, TANTANGAN DAN SOLUSINYA

Kohar, D Abdul (Unknown)
Budiyanto, Cepi (Unknown)
Suherman, U (Unknown)
Mahmud, Mahmud (Unknown)
Erihadiana, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi moderasi beragama dan mengekplorasi tantangan dan solusi guru dalam mengimplementasikan moderasi berada di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode case study, adapun instrument pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan reduksi, display dan pengambilan kesimpulan, dengan lokus penelitian di MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru-guru MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah Bandung menyatakan sangatlah penting mengimplementasikan moderasi beragama, Selain itu para guru telah mendapatkan materi tersebut dan menyampaikannya kepada siswa dalam rangka memberikan pemahaman moderasi beragama kepada mereka. Terdapat tantangan dalam mengajarkan moderasi beragama di madrasah diantaranya adalah tidak tersedia jam khusus untuk materi moderasi beragama, semua yang terlibat di MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah beragama Islam, sehingga praktik interaksi antara orang yang berbeda agama sangat sulit dilakukan, rendahnya aplikasi terhadap norma agama, dan masih terdapat pandangan yang tabu terhadap moderasi beragama. Solusi mengimplementasikan moderasi beragama di madrasah diantaranya adalah mengintegarasikan nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran, memberikan ruang diskusi pada siswa tentang moderasi beragama di luar jam formal seperti dalam kegiatan ekstrakulikuler dan rutin seperti upacara, memberikan keteladanan dalam perilaku, dan membuat flyer atau banner tentang nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan madrasah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...