Pada hakekatnya, anak-anak memerlukan kegiatan yang bermakna, selain itu, anak-anak suka ikut andil dalam kegiatan orang dewasa untuk membuat mereka merasa dibutuhkan dan bermanfaat. Ini merupakan kesempatan untuk menumbuhkan rasa kemandirian pada anak. Salah satu tugas perkembangan anak usia dini adalah membangun kemandirian, yang perlu dikembangkan sejak dini. Metode Montessori adalah salah satu dari banyak pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian anak. Dalam pendekatan ini, anak-anak dilatih dengan alat peraga Montessori yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan indera, kemampuan kognitif, dan kemandirian anak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran Montessori membentuk karakter mandiri pada anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Siding yang berjumlah 27 anak. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, dengan fokus penelitian Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Siding Tahun Ajaran 2023/2024, Adapun yang menjadi sumber data primer adalah ketua yayasan, kepala sekolah, dan guru kelas A. Referensi buku dan jurnal yang berkaitan dengan metode Montessori dan kemandirian anak merupakan sumber data sekundernya. Untuk mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi digunakan untuk memverifikasi validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Montessori efektif dalam membangun karakter mandiri anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Siding yang berjumlah 27 anak telah dilakukan dengan baik.
Copyrights © 2024