PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH

Hamiyah Zuleika Alifah (Unknown)
Muhammad Abrar Parinduri (Unknown)
Tomi Prandana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Abtrak: Meskipun pandemi covid-19 belum sepenuhnya pulih kembali namun proses pembelajaran daring harus tetap dilaksanakan sebagai upaya mencerdaskan kehidupan generasi bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih mendalam terkait strategi pembelajaran daring yang dilakukan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada minggu pertama sampai dengan minggu keempat Februari 2022. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Peneliti berfungsi sebagai alat utama untuk pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan data utama adalah melalui wawancara, penjelasan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai strategi pembelajaran daring yang dilakukan pihak sekolah antara lain melalui ice breaker dan opener, student expedition, PCT (Purposive Creative Thinking), P2P (Peer to Peer interaction), streaming expert, dan mental gymnastic. Strategi pembelajaran ini dilakukan dengan harapan dapat menumbuhkan meaningful learning dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...