Tujuan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar LKS berbasis RME guna meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi Pola Bilangan. Selain itu juga untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan LKS. Penelitian menggunakan jenis penelitian RnD dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian siswa kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus. Teknik pengumpulan data yaitu teknik angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar LKS berbasis RME yang mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahap pengembangan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji kelayakan oleh ahli materi dengan persentase 80% termasuk dalam kategori “Layak”. Sedangkan ahli media mendapatkan persentase 69% dalam kategori “Layak”. Uji kepraktisan dari pengguna persentase 82,5% pada kategori “Sangat Praktis”. Uji pemahaman konsep matematika dari pretest dan posttest mendapatkan persentase 87% masuk dalam kategori “Tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS yang telah diikembangkan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Copyrights © 2024