JEID
Vol. 3 No. 3 (2023)

Analisis Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Menggunakan Media Worldwall di MTs YASMIDA Ambarawa

Muftil Ibad Azumar, Muhammad (Unknown)
Miftah, Muhammad (Unknown)
Zulfikar Sulkhi Aunillah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2023

Abstract

Evaluasi dalam pembelajaran merupakan suatu alat yang dapat dijadikan sebagai barometer ketercapaian hasil belajar dari pembelajaran yang telah berlangsung selama kurun waktu tertentu. Model evaluasi dalam pembelajaran memiliki banyak ragam dan macamnya, seperti halnya dalam penelitian ini yang memfokuskan penelitiannya pada evaluasi pembelajaran dengan menggunakan website worldwall pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk dapat menganalisa pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan oleh pengajar di MTs YASMIDA serta untuk dapat mengetahui dampak setelah diterapkannya model evaluasi seperti itu kepada peserta didik. Aspek yang dianalisa dimulai dari hal yang mendasar seperti perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian mengenai hasil yang didapat setelah diadakannya model evaluasi menggunakan worldwall serta respon peserta didik dan bahkan pengajar yang lain setelah mengetahui dan mempraktekkannya. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini merujuk pada dampak setelah diadakannya evaluasi pembelajaran dengan menggunakan worldwall yaitu meningkatnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran khususnya ketika menghadapi evaluasi pembelajaran. Respon pengajar lain juga beragam, ada pengajar yang suka akan model evaluasi seperti itu dan ada yang penasaran dengan cara pembuatannya namun ada pula yang menganggapnya hal biasa dan tak perlu dibahas lebih mendalam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...