JEID
Vol. 4 No. 2 (2024)

Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA XI dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Anuitas Ditinjau dari Motivasi Belajar

Ngatiman, Muhammad Hilmi Zakaria (Unknown)
Wulansari, Mia (Unknown)
Purnamasari, Irene Andita (Unknown)
Prasetyowati, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis kemampuan numerasi siswa sma xi dalam memecahkan masalah matematika materi anuitas ditinjau dari motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Semarang dengan subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas XI. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penggunaan angket motivasi, wawancara, dan observasi. Pengumpulan data dianalisis secara diskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data terbagi menjadi analisis kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas XI yang masing-masing mewakili motivasi belajar tingkat tinggi, sedang, rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa siswa dengan motivasi belajar tingkat tinggi dan sedang dapat memenuhi semua indikator yaitu dapat memanfaatkan berbagai angka dan simbol yang berhubungan dengan matematika dasar, menganalisis informasi yang disajikan, serta menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Sedangkan siswa dengan motivasi belajar tingkat rendah hanya dapat memenuhi satu indikator yaitu hanya dapat memanfaatkan berbagai angka dan simbol yang berhubungan dengan matematika dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...