JEID
Vol. 4 No. 3 (2024)

Pengembangan LKPD pada Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk Materi Segitiga Siswa SMP Kelas VII

Putri Aniati, Meisya (Unknown)
Candra Hastari, Ratri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2024

Abstract

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang membutuhkan pemikiran, logika, dan penalaran. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit siswa yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami dan dipelajari. Dengan dikembangkannya LKPD menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa. Materi bangun datar segitiga merupakan materi dasar yang ada pada geometri dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk LKPD pada penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk materi segitiga siswa SMP kelas VII. Penelitian ini mengimplementasikan metode penelitian research and development (R&D) 4D dari S.Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I yang terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan teknik analisis data berupa penghitungan skor yang menggunakan penilaian skala Likert. Hasil validasi ahli perangkat memperoleh rerata 60%, ahli materi memperoleh rerata 86,6%, dan angket respon siswa memperoleh 88% dengan masing-masing penilaian  mendapatkan kategori “sangat layak”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...