Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pengelolaan pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C berbasis pendidikan masyarakat di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Tolangohula Kabupaten Gorontalo, dapat dilihat dari: (1). Perencanaan Pembelajaran, hasil temuan penelitian diperoleh bahwa perencanaan pembelajaran terdapat tiga point dimensi yaitu penyusunan langkah-langkah mencapai tujuan, perencanaan target, dan penetapan keberhasilan. Dari ketiga point ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Tolangohula perencanaanya belum efektif. (2). Pelaksanaan Pembelajaran, Berdasarkan hasil temuan penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga point dimensi yaitu melaksanakan kegiatan awal pembelajaran, melaksanakan kegiatan inti pembelajaran, dan melaksanakan kegiatan penutup pembelajaran. dari ketiga point ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Tolangohula belum efektif. (3). Penilaian Pembelajaran, Berdasarkan hasil temuan penelitian diperoleh bahwa penilaian pembelajaran terdapat keberhasilan pembelajaran peserta didik dalam kegiatan sehari-hari. Penilaian pembelajaran di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Tolangohula sudah dijalankan oleh kepala SKB dan Tenaga pendidik walaupun penilaiannya terdapat banyak peserta didik yang belum berhasil, namun dilihat dari sisi pelaksanaan penilaian pembelajaran bagi pihak SKB sudah dapat dikatakan efektif. (4). Tindak Lanjut Pembelajaran, Berdasarkan hasil temuan penelitian diperoleh bahwa tindak lanjut pembelajaran terdapat dua point dimensi yaitu mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik dan memilih bentuk motivasi yang baik untuk peserta didik. Dari temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa tindak lanjut pembelajaran di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Tolangohula belum efektif dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik dan memberi motivasi pada peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024