Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 10, No 1 (2024): January 2024

Marugoto dan Irodori Dalam Pengajaran Bahasa Jepang Tingkat A2

Sunarti, Herlina (Unknown)
Nursari, Bertha (Unknown)
Fitri, Zainur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Marugoto adalah buku pelajaran yang dirancang untuk pembelajaran secara aktif dan dinamis dengan mencakup sejumlah besar informasi tentang budaya Jepang. Buku ini disusun untuk pihak yang belajar bahasa Jepang di luar Jepang, dan dirancang agar pemelajar dapat merasakan budaya Jepang sambil belajar bahasa Jepang. Irodori adalah buku teks yang dirancang untuk khalayak internasional dan mempelajari keterampilan komunikasi dasar bahasa Jepang yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari dan bekerja di Jepang. Buku Marugoto dan Irodori disusun berdasarkan JF Standard sesuai dengan pola pikir CEFR (Common European Framework Reference for Languange: Learning, Teaching, Assessment). Penelitian ini membahas tentang perbandingan materi ajar dari Marugoto dan Irodori Tingkat Dasar 1 A2, dengan fokus pada topik yang sama, berjudul “Kisetsu to Tenki”. Hasil penelitian menunjukkan walaupun isi materi ajar memiliki kesamaan, tetapi baik Marugoto dan Irodori memiliki kekhasan dan tampilan urutan pengajaran yang berbeda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...