Jurnal Pembelajaran Fisika
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Mia Fatma Riasti (FKIP Universitas Lampung Jalan Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung)
Agus Suyatna (FKIP Universitas Lampung Jalan Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung)
Ismu Wahyudi (FKIP Universitas Lampung Jalan Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2016

Abstract

The Interactive media used tutorial model is being needed to increase the effectiveness of impulse and momentum learning material. The aim of this research were to produce learning interactive media used tutorial model for impulse and momentum material, to describe the attractiveness, the easiness, the expediency, and the effectiveness of the product. This research used research and development method, and the research design was modifying the instructional media development process by Sadiman, et al. The results showed that the media attractive to use, easy to use, very useful in learning and proven effective to use in learning shown by 79% of students reached the standard of minimum score.Media interaktif model tutorial sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran materi impuls dan momentum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media interaktif model tutorial materi impuls dan momentum, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian dan pengembangan, dan desain penelitian yang digunakan yaitu memodifikasi proses pengembangan media instruksional oleh Sadiman, dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan menarik untuk digunakan, mudah untuk digunakan, sangat bermanfaat dalam pembelajaran dan terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran yang ditunjukkan sebanyak 79 % siswa telah tuntas KKM.Kata Kunci: pengembangan, media interaktif, model tutorial, impuls dan momentum.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPF

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran Fisika (p-ISSN: 2302-0105, e-ISSN: 2684-9828) is a media publication for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to issues of physics teaching and learning innovation which include: 1. Assessment including formative, summative, ...