Natural Science Education Research (NSER)
Vol 7, No 1 (2024): Natural Science Education Research

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Tekanan Zat Tipe HOTS Ditinjau Dari Gender

Arofah, Nur (Unknown)
Ahied, Mochammad (Unknown)
Qomaria, Nur (Unknown)
Yasir, Mochammad (Unknown)
Sutarja, Maria Chandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui persentase kesalahan siswa yang ditinjau dari gender dan berdasarkan indikator Newman. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A berjumlah 14 siswa. Instrumen penelitian yaitu tes soal HOTS berjumlah 3 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persentase kesalahan tertinggi siswa laki-laki, yaitu kesalahan memahami 31% dan kesalahan tertinggi siswa perempuan yaitu kesalahan memahami 32%. Persentase kesalahan terendah siswa laki-laki dan perempuan, yaitu kesalahan transformasi sebesar 8% dan 7%. 2) Siswa laki-laki dan perempuan melakukan kesalahan pada tiap jenis kesalahan Newman dari soal nomor 1 sampai nomor 3 dengan persentase tertinggi terdapat pada soal nomor 3, yaitu kesalahan transformasi sebesar 53% dan 50%, sedangkan persentase terendah pada kesalahan memahami masalah sebesar 33%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...