Journal of Law, Education and Business
Vol 2, No 2 (2024): Oktober 2024

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Media Pembelajaran Audio-Visual di SD Negeri Pasirjati

Natasya, Amanda Tiara (Unknown)
Rahmawati, Tiara (Unknown)
Kurnia, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca siswa kelas III di SD Negeri Pasirjati. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas, ditemukan bahwa 50% siswa tidak memiliki keterampilan membaca yang baik, 25% belum bisa membaca, dan hanya 25% yang mampu membaca dengan baik. Melalui observasi dan wawancara, penelitian ini menggunakan RPP dan media audiovisual seperti laptop dan proyektor untuk mengukur dampaknya. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual meningkatkan motivasi belajar siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, serta meningkatkan interaksi dan komunikasi aktif antara siswa dan guru. Penggunaan teknologi ini, jika diterapkan dengan bijak, dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan berbahasa mereka. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa media audiovisual memiliki dampak positif signifikan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jleb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Law, Education, and Business dengan nomor terdaftar E-ISSN 2988-1242 (online) dan P-ISSN 2988-604X (Cetak) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JLEB bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang: 1. ...