Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca siswa kelas III di SD Negeri Pasirjati. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas, ditemukan bahwa 50% siswa tidak memiliki keterampilan membaca yang baik, 25% belum bisa membaca, dan hanya 25% yang mampu membaca dengan baik. Melalui observasi dan wawancara, penelitian ini menggunakan RPP dan media audiovisual seperti laptop dan proyektor untuk mengukur dampaknya. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual meningkatkan motivasi belajar siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, serta meningkatkan interaksi dan komunikasi aktif antara siswa dan guru. Penggunaan teknologi ini, jika diterapkan dengan bijak, dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan berbahasa mereka. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa media audiovisual memiliki dampak positif signifikan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024