Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 22, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

PEMBELAJARAN MEDIA YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Mahdalena, Mahdalena (Unknown)
Sumartono, Bambang Genjik (Unknown)
Syamsuri, Syamsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 10 orang, 2 guru yaitu wali kelas dan guru mata pelajaran, 8 peserta didik yaitu 4 rangking tertinggi dikelas dan 4 rangking terendah dikelas. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) pelaksanaan pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak sebagai berikut: membuka pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran, menutup pembelajaran. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak sebagai berikut: faktor pendukungnya media visual sederhana, bervariasi dan waktu dan daya liput luas serta faktor penghambatnya kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, keterbatasan fasilitas sekolah dan terbatas ruang waktu.Kata kunci: Media Pembelajaran, Youtube, Akuntansi Keuangan

Copyrights © 2024