Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realita model pembelajaran koopeartif Team Games Tournament, realita minat belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamnet terhadap minat belajar kelas VIII B pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karawang Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desktiptif korelasional Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII B yang berjumlah 40 siswa serta sampel melalui teknik sampel yaitu sampel sensus. Instrument penelitian menggunakan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament terhadap minat belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karawang Timur. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan deskriptif untuk realita model pembelajaran koopeartif Team Games Tournament diperoleh 32,5% dan secara umum dapat dikatakan bahwa realita model pembelajaran kooperatif TGT berada pada kategori cukup baik, dan realita minat belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh skor 35%, secara umum berada dalam baik. Adapun hasil uji korelasi menggunakan rumus produck moment diperoleh nilai R (rx2y) 0,510 yang menunjukan bahwa adanya hubungan positif (searah) dan hubungan variabel tersebut termasuk kategori sedang dengan besarnya sumbangan adalah 26%. Pengujian signifikansi menggunakan uji t diperoleh koefesien dengan nilai thitunng = 3,651 dan nilai ttabel = 2,024 menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas VIII B di smpn 1 Karawang Timur.
Copyrights © 2023