JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan
JUANGA, Vol.09 No. 02 (2023): Desember 2023

Tingkat Keberhasilan Pembelajaran di Perguruan Tinggi: (Analisis Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis)

Salim, Rodia (Unknown)
Adam, Adiyana (Unknown)
Silawane, Nurjannah (Unknown)
Riskia Ali, Rita (Unknown)
Mayabubun, Yayan (Unknown)
Dahlan, Albar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengangkat derajat pendidikan di universitas (studi kasus: diskusi sebagai upaya untuk mengasah pemikiran kritis mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ternate). Kecakapan diskusi sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa, mengembangkan keterampilan untuk mengantisipasi perubahan di seluruh dunia.. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang diterapkan. Penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara, dan studi literatur pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ternate. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendekatan diskusi adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang paling disukai. Karena dalam model pembelajaran abstrak, Dosen harus berpengalaman dalam mengembangkan strategi diskusi untuk menunjukkan kecakapan mereka, berpikir mendalam, menilai peran mereka dalam percakapan ilmiah, dan melihat masalah berdasarkan pelajaran dan pengalaman mereka sendiri. Berdasarkan fakta penelitian ini, diskusi sebagai siswa sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan profesional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUANGA

Publisher

Subject

Religion Other

Description

JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan berisi tentang persoalan agama dan ilmu pengetahuan secara umum diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula. Jurnal ini terbit 2 kali dalam ...