Konsep sikap sendiri dibagi menjadi tiga komponen berbeda (afektif, kognitif, dan perilaku). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh buku audio sebagai media pembelajaran untuk melihat hasil negatif dan positif sikap siswa sekolah menengah terhadap penggunaan buku audio di kelas membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan studi kasus untuk melakukan penelitian ini. Peneliti akan melakukan penelitian pada siswa sekolah menengah di Karawang. Purposive sampling dipilih dalam penelitian ini, partisipan yang dipilih adalah siswa yang aktif saat pembelajaran membaca menggunakan audiobook di kelas. Peneliti melakukan observasi dan wawancara mendalam dengan teknik semi terstruktur untuk mengumpulkan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis tematik. Penelitian ini menemukan bahwa siswa memiliki sikap positif pada ketiga komponen sikap siswa. Pada ranah afektif siswa merasakan penggunaan audiobook dalam pembelajaran terasa sangat menyenangkan, menarik, dan juga siswa menjadi lebih semangat untuk terus belajar. Selanjutnya dalam ranah perilaku. Telah diamati bahwa memasukkan buku audio ke dalam lingkungan pendidikan dapat meningkatkan motivasi siswa dan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif di kelas. Selain itu, dalam hal kognisi, siswa telah melaporkan bahwa pemanfaatan buku audio dapat meningkatkan pemahaman dan menawarkan pendekatan pembelajaran yang lebih efisien dan efektif.
Copyrights © 2024