Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh video Youtube sebagai sumber informasi dalam pembelajaran geografi topik Sebaran Tumbuhan dan Fauna di Indonesia dan Di Seluruh Dunia pada kelas XI SMA Sosial Negeri 113 Jakarta terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan eksperimen semu. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah XI – 8 IPS sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan video Youtube dalam pembelajarannya dan XI – 7 IPS sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan Powerpoint dalam pembelajarannya. Pengumpulan data diperoleh melalui pre-test dan post-test. Pada hasil uji instrumen penelitian, data valid dan reliabel. Pada hasil persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas yang menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis data menyatakan nilai signifikan (sig.) adalah 0% dengan ketentuan dasar jika nilai sig. (2-tailed) < 5% maka berpengaruh. Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara sebelum dan sesudah menggunakan video Youtube pada topik Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Di Seluruh Dunia sehingga disimpulkan bahwa video Youtube berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Copyrights © 2024