Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 15 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Anak

Nabillah, Tesa (Unknown)
Nurhaliza, Nurhaliza (Unknown)
Ulfa, Mirza (Unknown)
Wahyuni, Desvi (Unknown)
Dwi Sartika, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca awal anak melalui kartu kata bergambar. Hal ini disebabkan pemahaman bacaan awal anak yang buruk. Investigasi tersebut merupakan gugatan class action gabungan dengan model investigasi Kemmis dan Mac Taggart dan akan dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan pencatatan. Metode analisis data didasarkan pada deskripsi kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dasar. Berikut langkah-langkah penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca awal. 1) Setiap kelompok akan diberikan 21 media kartu kata bergambar. 2) Guru secara berurutan memperkenalkan huruf-huruf dan lambang-lambang bunyi yang menyusun kata. 3) Mengenalkan kata atau kata benda yang fonemnya sama. 4) Bacalah kata-kata dalam gambar. 5) Anak diminta mencocokkan kartu kata dengan gambar yang sesuai, menyebutkan lambang bunyi huruf, menyebutkan fonem yang sama, dan membaca kata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...