Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis teks fabel antara kelompok siswi yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri dengan siswi yang tidak menggunakan gambar berseri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design mengukurnya dengan pretest-posttes Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswi Kelas VII SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Sampel diambil dengan teknik Non-Probability Sampling dengan metode purposive sampling, kemudian ditetapkan kelas VII Tunisia (Thakasus) sebagai kelompok kontrol dan kelas VII Gaza (Reguler) sebagai kelompok eksperimen. Variabel dalam dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa media gambar berseri, sedangkan variabel terikat berupa kemampuan menulis teks fabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes atau penugasan berupa tes menulis teks fabel dan dokumentasi. Validasi instrumen yang digunakan adalah validitas isi yang dikonsultasikan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang dan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai expert judgment. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Terdapat peningkatannya saat menggunakan media gambar berseri pada analisis uji t, diperoleh bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.001 atau lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak.
Copyrights © 2024