Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (Jurnal AMPOEN)
Vol 2 No 2 (2024): AGUSTUS-NOVEMBER 2024

PROGRAM EDUKASI GIZI SEIMBANG DI SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS PADA SDN 208 & 209 GRESIK

Tania Lillah, Fala (Unknown)
Nafiah, Aim Matuz Zahrotun (Unknown)
Adriansyah, Agus Aan (Unknown)
Septianingrum, Yurike (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Anak-anak di Indonesia terus menghadapi berbagai masalah gizi, termasuk gizi kurang dan gizi lebih. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar mengenai konsep gizi seimbang melalui program edukasi gizi di SDN 208 dan 209 Gresik. Program ini mencakup penyampaian materi gizi seimbang, praktikum "Isi Piringku" dan "Tumpeng Gizi", serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa sebesar 20% setelah mengikuti kegiatan edukasi, yang menunjukkan efektivitas dari intervensi yang diberikan. Edukasi ini diharapkan dapat membekali siswa dengan pengetahuan dasar mengenai gizi seimbang, yang akan berdampak positif pada kesehatan dan pola makan mereka di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ampoen

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, sebagai platform bagi para pengabdi, peneliti, praktisi, dan akademisi untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan hasil layanan yang berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat di Indonesia. Berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ...