Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di Kelas III SD GMIM 1 Kiawa. Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Kemmis dan Mc. Taggrat PTK meliputi empat tahap yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi, dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD GMIM 1 Kiawa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari dua siklus. Teknik analisis data menggunakan rumus KB=. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu hanya mencapai 66,67 % sedangkan pada siklus meningkat mencapai 95,58%. Siswa sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif atau mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas III SD GMIM 1 Kiawa
Copyrights © 2024