Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 10 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Inpres 12/79 Girian Bawah

Virginia Patricia Pangaribuan (Unknown)
Agnes M. Goni (Unknown)
Maxie A.J. Liando (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III SDN Inpres 12/79 Girian Bawah. Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Inpres 12/79 Girian Bawah dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu pengamatan secara langsung terhadap pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes lisan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi. Teknik analisis data menggunakan rumus KB = x 100%. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 66% sedangkan pada siklus II diperoleh mencapai 87,3% yang artinya siswa sudah memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru di SDN Inpres 12/79 Girian Bawah diharapkan untuk menerapkan Model Project Based Learning (PjBL) agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...