Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 13 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Dampak Metode Pengajaran Terhadap Pembelajaran Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate

Rahma Sahala (Unknown)
Jumiyati Mauraji (Unknown)
Abdillah D. Tomahir (Unknown)
Adiyana Adam (Unknown)
Nurjannah Silawane (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode pengajaran terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, pendekatan pembelajaran individual meningkatkan hasil belajar siswa; kedua, pendekatan pembelajaran kelompok secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa; ketiga, tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan pendekatan individual dengan yang menggunakan pendekatan belajar kelompok. Dengan demikian, efektivitas kedua pendekatan pembelajaran tersebut relatif sama. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan kedua pendekatan pembelajaran tersebut akan efektif bila disesuaikan dengan jumlah peserta didik dalam suatu kelas pada program studi. Oleh karena itu, kedua pendekatan pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ternate.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...