Abstrak. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta terkait projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), meningkatkan kemampuan guru menfasilitasi murid dalam menjalankan projek P5, merefleksikan proses pengimbasan projek P5 di sekolah lain serta peningkatan kemampuan peserta dalam memberikan asesmen. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode diskusi, kolaboratif, bermain peran serta refleksi dari hasil kegiatan projek P5 di sekolahnya. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta pelatihan sudah mahir dalam merencanakan, melaksanakan dan menyusun pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila, termasuk didalamnya peserta dapat menyusun asesmen untuk penilaian projek tersebut. Peserta sudah melakukan proses pengimbasan implementasi kurikulum merdeka. Peserta sudah mampu menjadi fasilitastor dalam membimbing muridnya dalam menentukan tema dan menjalankan projek dengan kolaborasi antara murid, guru dan orang tua murid. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Projek P5, Soppeng 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023