Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 9 No. 1 (2024): JP2MIPA

Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak

Fitria, Dewi (Unknown)
Harahap, Juli Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Pendekatan saintifik dijabarkan dalam tahapan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir berhitung anak. Pada pendekatan saintifik, siswa dapat dilatih untuk meningkatkan kemampuan berpikir dengan cara guru memberi pertanyaan-pertanyaan menarik dan menantang yang melatih siswa untuk berpikir secara aktif dan kreatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik terhadap kemampuan berhitung pada anak. Kemampuan berhitung anak sangatlah penting untuk distimulasi, karena kemampuan berhitung dapat menjadikan pengalaman baru dalam kehidupan sehari-hari anak. Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang mencakup bilangan, angka, memanipulasi jumlah seperti penjumlahan dan pengurangan. Kemampuan berhitung berkembang dari waktu kewaktu ketika anak terlibat dengan kegiatan yang mendorong mereka untuk berpikir, mengeksplorasi, dan mendiskusikan ide-ide. Kemampuan berhitung pada anak usia dini hendaknya dimulai menghitung dengan benda, selanjutnya dapat dikembangkan mulai dari perhitungan hafalan, melafalkan urutan angka, mencocokan bilangan dengan angka, dan operasi bilangan sederhana

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...