Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan medel STAD. STAD adalah model pembelajaran kooperatif yang memacu kerja sama siswa melalui belajar dalam kelompok yang anggotanya beragam, baik dalam kemampuan akademik maupun latar belakang etnis, dan sebagainya agar tercipta keadaan saling mendorong dan membantu satu sama lain dalam suasana sosial yang beragam untuk menguasai keterampilan yang sedang dipelajari. Penelitian ini dilakuakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang diawali dengan kegiatan perencanaan pembelajaran kemudian pelaksanaan pembelajaran dan refleksi, dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Hasil yang diperoleh dari penelitian perbaikan pembelajaran ini dari siklus 1 meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Pada hari terakhir di siklus 1 terdapat 12 peserta didik (63%) yang telah mencapai target KKM, dan pada hasil evaluasi siklus II terdapat 16 peserta didik (84%) yang telah mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 70%.
Copyrights © 2023